Makanan Khas Salatiga Enting-enting Gepuk Spesial

Makanan Khas Salatiga Enting-enting Gepuk Spesial

Bagi anda yang senang traveling dan sedang berlibur di Jawa Tengah jangan lupa untuk berkunjung di kota kecil Salatiga. Alasan mengunjungi kota Salatiga karena Salatiga memiliki udara yang sejuk. Letak kota Salatiga yang berada di bawah kaki Gunung Merbabu.

Jika anda jadi singgah di kota Salatiga, dan ingin membelikan oleh- oleh untuk para kerabat dan rekan kerja, janganlah khawatir. Di Salatiga terdapat toko yang menjual makanan khas Salatiga yaitu sepanjang jalan Sukowati.  Salah satu oleh- oleh khas kota Salatiga yang telah terkenal adalah Ting- Ting Gepuk.

Ting ting gepuk merupakan makan khas Cina, yang kemudian menjadi makanan khas kota Salatiga. Makanan yang terbuat dari kacang dan gula ini dapat bertahan hingga dua bulan. Ting – ting gepuk dapat bertahan lama asalkan tidak terpapar sinar matahari.

Ciri khas Ting – ting gepuk khas Salatiga adalah kacang yang lebih banyak daripada gula. Selain itu dalam pembuatanya kacang tanah tidak diblender namun digepuk. Rasa dari ting-ting gepuk sangatlah renyah. Dalam penyajiannya pun sangat unik. Karena ting-ting gepuk dibungkus dalam kertas dan bentuknya juga berbeda dengan makanan lain. Karena dikemas dalam bentuk kecil membuat kita tidak akan merasakan nek atau bosan saat memakannya.

Makanan Khas Salatiga Enting-enting Gepuk Spesial

Ada banyak merk ting-ting gepuk yang ada di kota Salatiga. Antara lain Naga Mas, Naga Bintang,  Dua Naga Berlian, Kelenteng, 2 Holoo dan masih banyak yang lain. Namun merk ting- ting gepuk yang paling tua dan terlama di kota Salatiga adalah Klenteng dan 2 Holo. Karena merk ini adalah ting-ting gepuk yang pertama kali dibuat dalam klenteng Hok Tek Bio. Pembuatan ting-ting ini pertama kali dirintis oleh orang Cina yang bernama Khoe Tjong Hok. Pada tahun 1920-an dan saat ini diteruskan oleh generasi ke tiga.

Proses pembuatan ting-ting gepuk diawali dengan menggepuk kacang tanah di atas batu. Sebelum di gepuk kacang tanah dipanaskan terlebih dulu dengan gula. Setelah itu gepuk kacang dalam kondisi panas. Alat yang digunakan untuk menghaluskan tidak sembarangan namun mengunakan batu sebagai alas dan kayu sawo sebagai alat pengepuk.
Pembuatan ting –ting gepuk secara tradisional membuat rasanya menjadi khas. Setelah kacang hancur, dilakukan proses selanjutnya yaitu proses pencetakan. Cetakan yang digunakan adalah cetakan yang berbentuk prisma.

Setelah selesai proses pencetakan maka ting-ting gepuk siap untuk dikemas. Kemasan ting-ting gepuk menggunakan kertas. Dalam kemasan ting- ting gebuk biasanya terdapat gambar klenteng. Setelah di kemas, maka ting-ting gepuk siap untuk dipasarkan.

Biasanya ting-ting gepuk ini juga dipasarkan sampai ke Jogja. Para pedagang oleh-oleh khas Jogja biasa membeli dengan partai besar. Namun jika kita mengiginkan membeli dengan partai kecil juga bias. Dalam satu kemasan kecil berisi 10 bungkus ting-ting dengan harga Rp 4000. Jika kita memilih membeli yang kemasan besar kita hanya merogoh kocek sebesar Rp18.000,00. Dalam kemasan besar ini berisi 10 kemasan kecil.

Namun jika anda tidak mempunyai waktu untuk berkunjung ke kota Salatiga, anda juga dapat mencoba membuat ting-ting gepuk sendiri. Berikut ini cara membuat ting-ting gepuk

Bahan- Bahan

1kg kacang tanah tanpa kulit
500 gram gula pasir
500 gram gula merah
Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Kacang tanah yang telah disangrai ditumbuk kasar. Jangan Sampai terlalu hancur.
  2. Rebus gula pasir, gula merah dan air. Rebus hingga mendidih dan larut.
  3. Jika sudah kental, kecilkan api dan masukan kacang yang telah ditumbuk. Aduk secara merata jangan sampai ada yang gosong.
  4. Siapkan cetakan untuk mencetak ting-ting. Cetak ting-ting dalam cetakan yang berbentuk prisma. Sebaiknya cetak saat adonan masih dalam kondisi panas atau hangat.
  5. Tunggu hingga dingin, kemudian bungkus dengan menggunakan kertas.
Simpan dalam wadah yang tertutup, agar ting-ting tetap renyah.

Related Posts:

0 Response to "Makanan Khas Salatiga Enting-enting Gepuk Spesial"

Post a Comment