Sayuran Unik dari Salatiga: Bobor Adas


http://www.makanankhassalatiga.com/

Makanan Khas Salatiga - Hai para pemanja lidah…. Kali ini dalam saya akan membahas Sayuran Unik dari Salatiga: Bobor Adas. Jenis  sayuran ini hanya dapat dijumpai di daerah Salaiga dan sekitarnya. Mungkin bagi anda yang tidak tinggal di daerah Salatiga  masih asing dengan nama sayuran ini. 

Sayur adas hanya tumbuh di daerah pegunungan. Kita dapat menjumpai banyak tanaman ini di daerah Kopeng dan Boyolali. Untuk daerah lain kita sangat sulit menemukan sayuran jenis ini. Jika anda penasaran dengan sayuran ini, anda dapat menyempatkan diri untuk datang di pasar- pasar tradisional di Daerah Salatiga. Pasti tidak akan sulit menemukan sayuran ini. 

Jika anda belum pernah melihat sayur adas maka saya dapat mengambarkan bentunya. Sayur adas memiliki batang yang beruas- ruas dan jenis batang berair. Warna batang adalah hijau kebiru-biruan. Memiliki daun yang berseling, menyirip sempit dan berbentuk seperti jarum. Jika kita memarkan, akan keluar aroma khas yang harum.


Jika dimasak sayur adas akan menghasilkan rasa dan aroma yang unik dan berbeda dengan sayuran yang lain. Selain itu sayur adas juga memiliki banyak sekali manfaat. Sangat penting bagi anda mengetahui manfaat dari sayur adas. Manfaat sayur adas antara lain:

1. Mengobati anemia

Kandungan zat besi dan zat histidin dalam sayur adas dapat merangsang terbentuknya HB dalam tubuh. Hingga membuat kita tidak akan kekurangan darah. Karena HB dalam tubuh kita meningkat.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Sayur adas dapat merangsang system sekresi dalam asam lambung. Hal tersebut dapat menghindarkan kita dari gangguan pensernaan. Selain itu kandungan serat yang tinggi dari sayur adas juga dapat mencegah kita dari sembelit.

3. Mengatasi perut kembung

Adas bersifat sebagai antiflatulent. Antiflatulen ini dapat mengurangigas dalam perut. Hingga kita yang sedang sakit kembung dapat sembuh karena gas dalam perut berkurang.

4. Meningkatkan system imun

Kandungan vitamin C dalam sayur adas dapat meningkatkan system imun tubuh kita. Jika kita makanan yang banyak mengandung Vitamin C maka tubuh kita akan menjadi kebal terhadap penyakit.

5. Mengurangi kadar kolestrol

Banyaknya kandungan serat pada sayur adas maka dapat menurunkan kadar kolestrol atau HDL jahat dalam tubuh kita. HDL jahat akan ikut larut dalam sisa makanan yang kita buang. Jika kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

6. Memperbesar payudara

Sayur adas dapat meningkatkan hormon estrogen bagi perempuan. Dimana hormone estrogen dapat mengikat cairan dalam payudara. Jika cairan dalam payudara meningkat maka ukuran payudara juga akan menjadi lebh besar.

7. Meningkatkan produksi ASI

Bagi anda ibu menyusui perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi sayur adas dapat meningkatkan produksi ASI.  Karena sayur adas akan meningkatkat hormone estrogen. Peningkatan hormon  estrogen dapat meningkatkan produksi ASI. 

Biasanya bagi ibu- ibu yang bertempat tinggal di sekitar Salatiga jika sedang menyusui sering mengkonsumsi sayur adas. Cara mengkonsumsinya dengan dimasak menjadi bobor adas.

Setelah kita membahas manfaat dari sayur adas, pasti anda menjadi penasaran bagaimana cara mengkonsumsinya. Sayur adas dapat dikonsumsi menjadi berbagai jenis sayur seperti urap, sayur bobor bahkan kita juga dapat membuat adas menjadi sayur bening. 

Anda harus mencoba salah satu olahan sayur adas yang unik dan sangat lezat yaitu bobor adas. Bagi ibu- ibu rumah tangga harus mencoba jenis sayur ini untuk dihidangakan dalam keluarga anda. Karena jika di daerah Salatiga harga sayur adas sangat murah selain itu sayur ini juga sangat sehat jika kita konsumsi.


http://www.makanankhassalatiga.com/


Cara membuat sayur bobor adas sangatlah mudah. Bahan- bahan yang kita perlukan adalah:

1. Satu ikat sayur adas
2. Papaya muda atau labu siam
3. Tempe yang tua atau di Salatiga disebut tempe bosok
4. ¼ kelapa parut yang telah disantan
5. Air untu memasak
6. Daun salam
7. Satu ruas lengkuas
8. 2 cendok gula pasir

Bumbu yang dihaluskan

1. Ketumbar
2. 2 buah miri
3. 3 siung bawang putih
4. 2 siung bawang merah
5. Satu ruas kencur

Cara membuat:

1. Kupas dan iris tipis papaya muda atau labu siam.
2. Iris lembut sayur adas
3. Haluskan semua bumbu yang harus dihaluskan dan tempe tua atau tempe bosok.
4. Masak air kurang lebih 1 liter hingga mendidih
5. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan, daun salam, lengkuas, kedaam air mendidih.
6. Masukkan sayur adas kedalam panci
7. Jika sudah agak empuk masukkan papaya muda atau labu siam dan gula pasir.
8. Tunggu hingga semua sayuran matang.
9. Masukkan santan kelapa dan tunggu hingga mendidih.
10. Sayur bobor siap untuk dihidangkan.

Jika anda tidak menyukai makanan yang bersantan maka anda bisa memasak tanpa santan dan rasa yang dihasilkan juga sama nikmatnya. Apabila ditempat anda tidak ada tempe bosok, maka anda dapat membuat sendiri. Yaitu dengan cara mendiamkan tempe dalam tiga malam. Maka tempe tersebut sudah akan membusuk dan dapat digunakan membuat sayur borbor adas.

Rasa sayur bobor akan menjadi lebih nikmat jika dimakan dengan sambal terasi dan ikan asin goreng dan nasi hangat.

Semoga resep ulasan tentang Sayuran Unik dari Salatiga: Bobor Adas diatas dapat menjadikan referensi menu makanan. Terutama untuk anda ibu- ibu rumah tangga. Semoga dapat menjadi salah satu referensi menu makanan yang menyehatkan untuk anda dan keluarga.

Related Posts:

4 Responses to "Sayuran Unik dari Salatiga: Bobor Adas"

  1. Mantap dah artikelnya kawan
    http://essenaquatic.xyz/umpan-ikan-lele-galatama/

    ReplyDelete
  2. Salatiga...tanah tumpah darahku...

    ReplyDelete
  3. Saya tinggal di bandung bersyukur msh sering menikmati bobor adas ini

    ReplyDelete