Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga

Makanan Khas Salatiga- Nama makanan bakwan pastilah tidak asing bagi pecinta gorengan. Karena bakwan merupakan salah satu primadona bagi penikmat gorengan. Bakwan merupakan makanan yang menyehatkan. Karena biasanya bakwan terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan tepung terigu dan beberapa bumbu. Di Salatiga terdapat gorengan unik yaitu Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga.

Rasa gurih yang khas dari bakwan, dapat membuat pecinta gorengan sulit untuk berhenti saat menikmati makanan ini. Apalagi jika dinikmati saat masih hangat. Rasa nikmat bakwan akan bertambah jika dinikmati dengan lalap cabai hijau dan secangkir kopi atau teh hangat. 

Selain memiliki rasa yang gurih salah satu penyebab bakwan menjadi primadona karena harga bakwan yang sangat bersahabat. Yaitu dengan uang sebesar Rp 1000, 00 kita dapat merasakan nikmatnya bakwan. Di kota Salatiga yang memiliki udara sangat sejuk ini, bakwan merupakan makanan yang tidak asing. Karena di Salatiga kita akan dengan mudah menemukan penjual bakwan. 

Bakwan yang sering kita nikmati adalah campuran dari sayuran kulbis, tauge dan wortel. Namun di Salatiga terdapat bakwan yang berbeda dengan bakwan biasanya. Karena di Salatiga terdapat bakwan yang mengunakan sayuran hijau. Sayuran itu di Salatiga dikenal dengan nama jembak (slada air). 

Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga


Sayur jembak ini tidak terdapat di sembarang tempat. Karena jembak (slada air) hanya tumbuh di air yang mengalir. Namun jika kita bertempat tinggal di Salatiga, tidaklah sulit menemukan sayuran ini. Sayur jembak ( slada air) memiliki rasa yang berbeda dengan jenis sayuran apapun. Rasanya sangatlah renyah dan segar. Selain diolah menjadi bakwan, jembak juga dapat kita olah menjadi sayur kuah dan gudangan.  

Jika anda sedang berada di Salatiga janganlah lupa untuk mencoba bakwan jembak. Kita akan mudah sekali menemukan penjual bakwan di daerah Senjoyo. Yaitu 5 km di arah selatan kota Salatiga. Di Senjoyo ini kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Kita dapat meikmati pemandangan indah di Senjoyo sambil menikmati lezatnya bakwan jembak. 

Di Senjoyo ini kita dapat melihat langsung tempat sayur jembak tumbuh. Karena di Senjoyo sayur jembak dapat tumbuh dengan subur. Para warga setempat memanfaatkan sayur jembak menjadi makanan yang nikmat yaitu bakwan jembak. Karena banyak sekali penikmat bakwan jembak yang menyukai rasa bakwan ini. Hingga membuat banyak sekali warga yang menjajakan bakwan jembak.

Sebenarnya pembuatan bakwan jembak tidaklah sulit. Kita cukup menganti sayuran yang biasa kita gunakan untuk membuat bakwan dengan sayur jembak. Namun bedanya adalah jumlah sayuran yang kita masukkan lebih banyak jika dibanding kita membuat bakwan dengan campuran kulbis dan wortel. Selain itu yang membedakan adalah saat kita menggoreng. Saat kita menggoreng bakwan jembak, kita memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, jika dibanding mengoreng bakwan biasa. 

Bakwan jembak akan lebih nikmat jika dinikmati saat masih hangat dengan lalap cabai hijau. Karena jika sudah terlalu lama terpapar udara, rasa kruci dari bakwan jembak akan berkurang. Selain itu rasa bakwan akan terasa lembek.

Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga

Untuk anda penikmat gorengan anda dapat mencoba membuat bakwan jembak di rumah. Karena pembuatan bakwan jembak ini sangatlah mudah, maka anda dapat memcoba membuat kreasi bakwan dengan sayur jembak. Bahan yang diperlukan adalah:

  • Satu ikat sayur jembak
  • 250 gram gandum
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 1/2 sdt prica bubuk 
  • garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
Cara membuat
  • Siangi sayur jembak dan cuci bersih di air yang mengalir.
  • Campurkan sayur jembak, tepung terigu dan bumbu yang dihaluskan.
  • Setelah tercampur, panaskan minyak goreng dalam pengorengan, setelah  panas goreng adonan hingga matang.
  • Bakwan jembak siap disajikan.
Semoga resep Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga diatas dapat menjadi salah satu pilihan menu makanan keluarga anda.


Related Posts:

0 Response to "Bakwan Jembak Gorengan Khas Salatiga"

Post a Comment