Makanan Khas Salatiga:Tahu Campur Salatiga dan Cara Membuatnya

http://www.makanankhassalatiga.com/

Makanan Khas Salatiga- Salatiga merupakan kota kecil, namun di kota kecil ini terdapat makanan khas yang dapat memanjakan lidah anda. Itulah yang menjadi sebab kita akan rugi jika berkunjung ke Salatiga namun belum menikmati  makanan khas Salatiga. Salah satu makanan khas Salatiga adalah tahu campur.

Tahu campur adalah makanan khas yang memiliki rasa unik dan mungkin hanya ada di kota Salatiga. Bagi anda yang sedang melintas atau berada di kota Salatiga sangatlah rugi jika tidak mencicipi makanan khas ini. Untuk mencicipi makanan ini anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5000,00 ( harga dapat berubah sewaktu- waktu).

Tahu campur merupakan kombinasi dari berbagai jenis makanan. Seperti: lontong, bakwan, sayuran , kerupuk yang diremas dan semakin nikmat dengan tambahan sambal kacang. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana kenikmatan kuliner khas Salatiga ini.

Di Salatiga terdapat banyak sekali penjaja makanan khas ini. Mulai dari pedagang kaki lima yang berkeliling untuk mencari pelanggan sampai warung makan. Salah satu warung makan yang menjajakan tahu campur yang terkenal adalah tahu campur Pak Min.  

Banyak sekali kalangan yang telah mengetahui dan mencoba makanan khas Salatiga ini. Mulai dari kalangan pejabat, rakyat biasa bahkan sampai di kalangan mahasiswa. Kebanyakan dari mereka menyukai tahu campur ini karena rasanya yang nikmat dan juga harga yang bersahabat. Menurut mereka Tahu Campur Pak Min adalah salah satu tahu campur yang terlezat di kota Salatiga.

Tahu Campur Pak Min dulunya terletak di depan kolam renang kali taman. Setelah kita lelah berenang, sangatlah cocok jika kita mengisi perut kita dengan tahu campur Pak Min yang telah melegenda. Namun sekarang tahu campur Pak Min telah pindah lokasi di Depan Korem Kota Salatiga.

Kuah kacang yang didominasi dengan rasa pedas dan manis akan menambah nikmatnya tahu campur Pak Min Salatiga. Sebelum kita memesan makanan ini ,kita akan ditawari rasa yag seperti apa yang kita kehendaki. Bagi anda penyuka pedas maka anda dapat memesan dengan rasa pedas. Namun jika anda tidak menyukai rasa pedas, anda juga dapat memesan yang tidak pedas.

Uniknya dari tahu campur pak Min adalah tahu dan bakwan dalam tahu campur baru digoreng saat ada pesanan. Selain itu juga kuah kacang juga dibuat saat ada pemesan. Jadi makanan tahu campur ini dijamin masih fres from this pan

Di warung makan Tahu Campur Pak Min, anda juga dapat memesan menu tahu campur spesial. Tahu campur spesial adalah menu tahu campur yang di atasnya di tambah telur ceplok. Untuk menikmati tahu campur spesial ini anda cukup membayar dengan harga Rp6.500,00.

Dengan memesan tahu campur special, berarti kebutuhan dari gizi yang diperlukan tubuh anda terpenuhi.  Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sebagai zat tenaga di dapat dari lontong. Untuk kebutuhan lemak yang digunakan sebagai cadangan makanan kita peroleh dari bumbu kacang. Kebutahan protein juga terpenuhi dari telur ceplok yang ada. Selain itu kebutuhan serat terpenuhi dari beberapa sayuran seperti, kol dan kecambah.

Namun bagi anda yang tidak sedang berkunjung ke kota Salatiga, janganlah khawatir. Anda dapat menikmati kelezatan tahu campur dengan cara membuat sendiri. Apalagi di saat musim penghujan makanan ini cocok dijadikan makanan alternatif. Berikut ini penulis sajikan resep tahu campur.

Resep Tahu Campur
Bahan utama:
1.     4 buah lontong
2.     4 buah tahu putih, potong dadu lalu goreng hingga kering
3.     100 gram tauge
4.     100 gram kol (kubis), iris tipis-tipis
5.      Seledri secukupnya, iris halus
6.      2 buah  tempe goreng, potong kecil-kecil
7.      2 buah bakwan berisi sayuran yang dipotong kecil-kecil 

Bahan sambal kacang
1.    100 gram kacang tanah
2.    2 sdm gram gula merah/gula palem
3.    2  siung bawang putih
4.     2 cabe rawit merah (banyaknya sesuai selera)
5.     Garam secukupnnya

Cara membuat sambal kacang

1.  Kacang tanah digoreng kemudian dihaluskan dengan  cabai rawit merah , bawang putih dan 1/2 gelas air.
2.     Rebus gula merah dengan air hingga mendidih.
3.   Campurkan kacang yang telah dihaluskan dengan rebusan gula merah lalu bumbui dengan garam, aduk rata.

Cara menyajikan

  1. Tata semua bahan di atas diatas piring.
  2. Remas kerupuk dan taburkan di atasnya
  3. Siram dengan bumbu kacang
  4. Sajikan (untuk 2 porsi)

Related Posts:

0 Response to "Makanan Khas Salatiga:Tahu Campur Salatiga dan Cara Membuatnya"

Post a Comment