8 Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga

8  Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga

8  Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga - Singgah di suatu tempat, rasanya ada yang kurang jika tidak membawa buah tangan atau oleh- oleh. Kita akan merasakan kesenangan tersendiri apabila dapat membawakan keluarga, tetangga, rekan bisnis dan sahabat oleh- oeh khas dari suatu tempat. Kali ini saya akan membahas tentang apa saja oleh- oleh yang dapat kita bawa jika sedang berkunjung ke Salatiga.Banyak sekali orang- orang yang dengan sengaja singgah di Salatiga karena ingin berburu oleh- oleh khas Salatiga. Alasan mereka memilih oleh- oleh di Salatiga karena harga yang ditawarkan lebih murah dibanding dengan daerah lain. Selain itu juga karena keaslian dari tiap oleh- oleh yang ditawarkan.Salatiga merupakan sebuah kota kecil di Jawa Tengah, namun di kota ini terdapat banyak ragam kuliner yang sulit dilupakan. Salah satunya adalah adanya oleh- oleh khas Salatiga. 8 macam oleh- oleh khas Salatiga yang wajib kita bawa sebagai buah tangan adalah:



1.  Getuk Ketek

Getuk Ketek beralamatkan di jalan Argo Tunggal, yang erdekatan dengan pertigaan ABC. Namun saat ini kita juga dapat menemukan Getuk Ketek di pusat kota Salatga. Pembuat Getuk Ketek adalah Abdul Rokhim. Alasan Abdul Rokhim memberikan nama Getuk Ketek karena di halaman terumahnya terdapat ketek (kera). Ketek tersebut sebagai penanda, agar pembeli tidak salah tempat. Getuk ketek merupakan makanan yang berbahan dasar singkong yang dihaluskan. Getuk ketek ini merupakan getuk dengan tiga rasa dan tiga warna. Karena resep Getuk Ketek merupakan resep yang turun temurun, hingga membuat getuk ini berbeda dengan getuk- getuk lain. 

2Enting – Enting Gepuk

 Entig- enting gepuk merupakan oleh- oleh khas Salatiga yang telah lama terkenal. Enting- enting gepuk merupakan maanan yang terbuat dari kacang yang digepuk atau dihaluskan dan dicampur dengan gula. Enting- enting gepuk yang terkenal di Salatiga ada beberapa macam namun yang paling terkenal adalah enting- enting gepuk cap Nga dan enting- enting gepuk Klenteng 2 Hoolo. Untuk mendapatkan enting- enting gepuk tidaklah sulit. Karena kita dapat menemukan oleh – oleh ni di sepanjang jalan Sukowati. Di sepanjang jalan ini banyak sekali took atu pusat oleh- oleh yang menjual enting- enting gepuk. 

3. Ampyang atau Gula Kacang

 Ampyang atau gula kacang adalah makanan khas Salatiga yang terbuat dari campuran kacang dan gula jawa.  Ampyang ini memliki rasa yang sangat enak. Yaitu rasa gurih kacang bercampur dengan rasa manis gula. Ampyang yang terkenal di salatiga adalah ampyang Bu Bekel. Di Salatiga tidaklah sulit utuk menemukan ampyang. Karena hampir di setiap toko yang menjual makanan menjual ampyang. Kita juga dapat menemukan ampyang di setiap toko ole- oleh. 

4. Singkong Keju  

 Singkong keju merupakan makanan yang berbahan dasar ketela pohon. Namun pemilik usaha singkong keju membuat inovasi baru dalam cara mengah singkong. Hingga makanan yang berbahan dasar singkong ini memiliki banyak sekali pengemar. Penjual singkong keju dapat kita jumai di sekitar daerah Argo Tunggal ABC. Singkong keju yang paling terkenal adalah singkong keju Casava yang terletak pas di pertigaan ABC. Dan singkong keju D-9 yang letaknya agak kedalam sebuah perkampungan. Sebagai oleh- oleh kita dapat membeli singkong siap goreng. Singkong siap goring ini tersedia dalam bentuk beku dan jika kita belum sempat mengorengnya kita dapat menyimpan di frezer. Singkong siap goring ini sangatlah cocok kita jadikan bauah tangan. Jika ingin menikmati singkong secara langsung kita dapat memilih tiga macam olahan singkong. Ada tiga rasa yang ditawarkan. Yaitu: original, rasa keju dan keju coklat. Harga yang ditawarkan pun sangat berfariasi, sesuai dengan macamnya.

 5. Keripik Paru 

Hampir seluruh bagian dari sapi dapat diolah menjadi sebuan masakan yang nikmat. Mulai sari daging, hati hingga kulit dapat kita manfaatkan. Begitu pula dengan paru sapi juga dapat dijadikan olahan makanan yang nikmat. Jika makan kripik bayam atau singkong sudah biasa. Amun di Salatiga ada kripik khas yang terbuat dari bahan dasar paru sapi.  Kripik paru memiliki rasa yang sangat nikmat dan renyah. Namun harga kripik ini agak mahal jika disbanding dengan jenis kripik yang lain. Hal ini terjadi karena bahan dasar kripik ini yang sangat unik. 

6.   Roti Wonder

8  Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga



Roti wonder memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan merek roti apapun. Di toko roti wonder ini menjual berbagai macam roti hasil olahan si pemilik toko sendiri. Jenis roti yang ditawarkan sangatlah berfariasi. Mulai dari roti basah dengan farina rasa yang sangat banyak, hingga roti kering dengan berbagai bentuk dan rasa.Bagi masyarakat sekitar Salatiga pastilah tidak asing lagi dengan roti wonder. Biasanya selain untuk dikonsumsi sendiri, oleh para pembeli roti wonder digunakan sebagai oleh- oleh.



7. Bakpia Patok Om Tan 

Kita mengenal berbagai macam pia, namun di Salatiga pia yang terkenal adalah bapia patok Om Tan. Kita dapat menemukan bakpia patok Om Tan di pusat oleh- oleh yang berada di pusat kota Salatiga. Bakpia di sinimemiliki beberapa farina rasa. Seperti coklat, kacang hijau, keju dan lain- lain. Di toko oleh- oleh ini kita dapat menikmati bakpia dalam kondisi masih hangat. 

8. Kopi Babah Kacamata

8  Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga



Bagi anda pecinta minuman kopi, oleh- oleh yang pas saat berkunjung di Salatiga adalah kopi Babah Kaca Mata. Kopi Babah Kacamata adalah kopi khas Salatiga yang dibuat dari biji kopi asli dan di olah dengan cara tradisional. Kopi hitam Babah Kacamata ini memiliki rasa yang khas. Berbeda dengan rasa kopi- kopi hitam yang lain.



Dengan bertambahnya pengetahuan anda tentang 8  Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga semoga dapat menjadikan salah satu referensi jenis oleh- oleh saat anda berkunjung ke kota Salatiga. Hingga anda tidak perlu repot- repot memilih jenis oleh- oleh untuk keluarga tercinta.

Related Posts:

0 Response to "8 Macam Oleh – Oleh Khas Salatiga"

Post a Comment