7 Makanan Rasa Khas Kota Sejuk Salatiga






Makanan Khas Salatiga: Kota kecil yang terletak di antara jalur Semarang Solo dan terletak tidak jauh dari Danau Rawa Penieng yang melegenda ini berhawa sejuk. Kota ini juga sangat strategis sebagai kota transit dalam sebuah perjalanan baik menuju atau dari Surabaya, Solo, Semarang, Sragen, Yogyakarta, atau pun kota .- kota di sekitarnya. Kota kecil yang sejuk dan berhawa dingin ini  memiliki banyak sekali makanan khas adalah Kota Salatiga.

Pada saat transit tentunya untuk sejenak merifres tubuh karena lama dalam perjalanan. Sambil menikmati berbagai makanan khas kota kecil ini kita hilangkan penat dan lelah setelah melakukan perjalanan.

Berikut 7 Makanan Rasa Khas Kota Sejuk Salatiga yang dapat menjadi pertimbangan sebagai oleh-oleh ataupun hidangan kecil selama transit di Kota Salatiga:

1.  Getuk Ketek

Getuk ketek ini hasil produksi rakyat Salatiga yang terletak di Ledok ABC Salatiga. Dinamakan "ketek" karena di depan rumah pembuat getuk ini terdapat patung ketek(kera). Rasa getuk ini sangat khas dengan campuran bumbu getuk yang pas tidak terlalu manis. Banyak rasa yang disajikan pada getuk ketek ini. Harga getuk ketek ini pun sangat terjangkau dan sangat pas sekali untuk oleh-oleh keluarga di rumah

2. Tahu Campur Kalitaman

Tahu campur adalah makanan yang terbuat dari tahu digoreng diiris dadu, tauge, kul yang dipotong kecil-kecil, potongan bakwan, potongan tempe mendoan dan kerupuk gendar yang diremas yang disajikan pada piring dan di siram dengan saus kacang tanah khas Salatiga. Tahu campur "kalitaman" terletak di kalitaman disebelah timur laut ramayana Salatiga. Tahu campur "kalitaman" ini memiliki rasa khas, pedas, enak dengan balutan rasa sambel kacang yang gurih.

Harga tahu campur "kalitaman" cukup murah, satu porsi hanya perlu uang Rp5.000,00. Selain itu anda dapat memesan minuman dan perlu diingat disini dapat pesan untuk dibungkus.

3. Gudeg Sukini

Selain beberapa makanan yang dapat di jadikan oleh-oleh gudeg "Sukini" dapat dijadikan alternatif sebagai obat rasa lapar saat transit di Kota Salatiga. Gudeg "Sukini" Memiliki rasa khas yang dapat membuat orang ketagihan untuk dapat menikmatinya lagi. Gudeg Sukini ini terletak di Pasar Rejosari (Pasar Sapi Salatiga) Gudeg Sukini ini sangat terkenal, apalagi terletak di jalur utama Solo-Semarang.
Murah meriah dan tentunya puas


4. Wedang Ronde


Selain tersebut di atas, bagi yang transit di kota kecil ini juga dapat menikmati minuman khas Salatiga yaitu wedang ronde. Di Salatiga banyak sekali penjual wedang ronde terutama di sepanjang trotoar Jalan Jendal Sudirman Salatiga. Tetapi minuman ini yang sangat terkenal adalah wedang ronde ak Pari yang terletak di dekat roti wonder lama. Hawa yang dingi sangat cocok menikmati wedang ronde di sore dan malam hari.

5. Enting-enting Gepuk

Makanan yang tidak kalah menarik dan khas dari Kota Salatiga adalah makanan Khas enting-enting gepuk. Dengan rasa khas Salatiga enting-enting gepuk ini sudah terkenal hingga luar kota sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Kota Salatiga. Enting enting gepuk ini banyak ditemukan di sepanjang jalan Sukowati Salatiga. Jangan kuwatir tentang rasa pasti akan merasa puas dan ketagihan pada makanan khas Salatiga yang satu ini.

6. Gula Kacang Merek Bu Bekel

Gula yang manis yang menyelimuti kacang tanah merupakan perpaduan rasa manis dan gurih serta aruma jahe. Inilah rasa khas Salatiga yang tentunya banyak sekali digemari sebagai teman ngobrol sambil minum teh tawar. Gula kacang ini terletak di komplek Pasar Raya 1 Kios A 25. Kalau kita berjalan di sepanjang jalan Jendral Sudirman pun kita banyak sekali menemukan gula kacang yang di jual. 

7. Soto Goto

Ketika kita sampai di Salatiga waktu sarapan ataupun saat makan siang tidak usah bingung datang aja ke Soto Goto. Di sini tersedia masakan khas Salatiga yang sudah terkenal sejak dahulu.Soto goto ini terletak di kawasan shopping Salatiga dekat masjid pasar raya Salatiga. Soto Goto ini memiliki rasa khas sehingga sejak dulu soto goto ini tetap ada bahkan sekarang lebih maju dengan karyawan yang cukup banyak. Kalau kita datan pada saat-sat makan maka di soto goto ini pasti akan penuh pengunjung. Bagi anda yang kebetulan transit di Kota Salatiga jangan lupa mampir di warung makan soto gotao yang sudah terkenal ini. Di sini kita juga dapat menikmati makanan pendamping seperti bregedel , sate usus, sate rempelo, gendar, dengan berbagai minuman tentunya. Bagi yang ingin makan di rumah anda dapat memesan untuk di bungkus sesuai keperluan.

Sebenarnya masih banyak lagi jajanan atau pun makanan khas Salatiga selain 7 Makanan Rasa Khas Kota Sejuk Salatiga yang telah di uraikan yang dapat dinikmati. Namun tersebut di atas dapat menjadi pertimbangan bagi orang yang sedang transit di kota sejuk Salatiga. Anda boleh pilih di sepanjang jalan yang ada di Kota Salatiga . Selamat mencoba

Related Posts:

0 Response to "7 Makanan Rasa Khas Kota Sejuk Salatiga"

Post a Comment