Makanan Khas Salatiga:Sepanjang Jalan Blotongan Salatiga




Hai sahabat makanan khas Salatiga dan penikmat makanan lezat. Kali ini saya akan membahas kuliner khas Salatiga yang ada di sepanjang jalan Blotongan Salatiga. Untuk anda yang sedang melintas di jalan Blotongan ini, sangatlah rugi jika tidak meluangkan waktu untuk singgah. Jika anda sedang berkendara melalui jalan Salatiga Blotongan coba lihatlah ke bagian kanan atau kiri jalan. Kuliner apa yang banyak anda jumpai di jalan ini? Pasti anda akan menemukan banyak sekali warung makan sate kambing muda.

Rasanya rugi sekali jika anda dan keluarga tidak menyempatkan diri menikmati kelezatan sate kambing muda yang banyak di jual di sepanjang jalan Blotongan Salatiga ini. Karena sate kambing yang di jual di sepanjang jalan ini bukanlah sate yang berasal dari sembarang kambing. Namun para penjual memilih kambing yang masih muda. Hingga saat anda menikmati sate kambing di daerah ini tidak akan merasakan daging yang keras. Kebanyakan sate yang dihasilkan memiliki tekstur yang empuk.



                                        

Saat anda mengigit sate kambing di sini anda pasti akan merasakan daging yang tidak lembek. Walaupun berasal dari kambing muda namun rasa dagingnya tidak lembek atau banyak air. Hal ini disebabkan karena sebelum daging diolah menjadi makan, daging kambing diletakan dengan cara digantung. Hingga membuat kandungan air dalam daging berkurang.

Jika anda bertanya soal rasa. Anda jangan khawatir, karena rasa dari sate kambing yang sangat khas dan dapat membuat anda sekeluarga menjadi ketagihan untuk menkmatinya kembali. Ada juga rumah makan yang menyajkan sate kambing dengan unik. Yaitu dengan menggunakan hot plate. Jadi anda dapat menikmati sate kambing dalam keadaan panas atau hanggat.

Makanan yang menemani sate kambing muda di sini adalah nasi putih hangat. Nasi yang dimasak menggunakan beras pilihan, hingga menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Banyaknya nasi yang anda pesan dapat disesuaikan dengan kemampuan makan anda. Karena anda dapat memesan nasi dengan porsi banyak atau sedikit. Disesuaikan dengan kebiasaan anda makan sehari- hari.

Salain itu sambal sate yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan selera penikmatnya. Karena rasa dari sambal juga sangat  mempengaruhi rasa makanan yang kita nikmati. Sambal yang terbuat dari kecap manis yang dicampur dengan cabai, bawang merah dan bubuk merica. Bagi anda penikmat makanan pedas, anda dapat menambahkan irisan cabai yang lebih banyak. Namun jika anda tidak menyukai makanan pedas anda dapat memesan sambal yang tidak pedas. Rasa sambal akan lebih nikmat jika diberikan taburan bubuk merica yang lebih banyak.

Selain nasi dan sambal, penyajian sate kambing muda ini juga dilengkapi dengan sayuran. Yaitu irisan sayur kol tipis- tipis, mentimun dan juga tomat segar. Jadi saat anda memesan sate di warung makan sepanjang Blotongan Salatiga ini, berarti kebutuhan serat, protein, lemak, karbihidrat dan vitamin yang diperlukan tubuh anda dapat terpenuhi.

Sebagai tambahan makanan agar anda tidak tersedak saat menikmati sate, maka anda dapat memesan berbagai minuman. Baik itu minuman dalam kemasan botol atau pun minuman yang diracik sendiri oleh pemilik warung makan . Anda dapat memesan minuman hangat namun jika anda tidak menyukai minuman hangat, anda juga dapat memesan minuman dingin. Dengan memesan minuman dingin dapat membuat merasa segar. Minuman dingin yang dapat anda pesan misalnya es teh, es jeruk, soda gembira dingin.

Jika ada keluarga anda yang tidak menyukai makanan yang disajikan dengan cara dibakar, maka ada alternatif menu lain. Menu itu adalah tengkleng kepala kambing dan juga gulai kambing. Makanan tengkleng kambing dapat membuat tubuh anda terasa hangat. Karena dalam bumbu tengkleng kambing terdiri dari banyak sekali ragam bumbu dapur yang dapat menghangatkan tubuh. Bunbu itu seperti jahe, merica, cabai atau pala dan masih banyak bumbu yang dapat memberikan khasiat bagi tubuh kita. Tengkleng kambing ini memiliki rasa kuah yang segar. Apalagi jika anda nikmati saat masih hangat. Pasti tenggorokan anda akan merasakan kehangatannya.

Makanan lain yang dapat dipesan adalah gule kambing. Rasa gule kambing yang gurih sangat cocok jika dinikmati saat masih hangat. Gule kambing dengan santan kelapa yang kental hingga dapat menambah gurihnya rasa gulai kambing. Jika anda memesan gulai kambing, sebaiknya segera anda makan saat masih hangat. Karena jika sudah dingin biasanya kuahnya akan mengental.

Bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya anda lebih hati- hati saat memesan makanan yang berbahan dasar daging kambing. Jangan makan terlalu banyak. Anda harus dapat menghentikan keinginan untuk makan terlalu banyak. Karena jika anda makan terlalu banyak dapat memperburuk penyakit anda. Karena tekanan darah akan naik dan jika itu terjadi makan sangat bahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Jika anda penikmat makanan pedas maka anda dapat menambahkan sambal saat anda memesan tengkleng dan gule kambing. Anda dapat menikmati kedua menu ini dengan nasi putih hangat. Akan lebih nikmat lagi jika saat anda menikmati tengkleng dan gulai kambing dengan ditambahi kerupuk.
Rasa kerupuk yang asin dan gurih akan menambah sensasi rasa gurih dari kedua makanan ini.

Bagi anda yang menginginkan makanan untuk dibawa pulang anda juga dapat memesan makanan di sini dengan cara dibungkus. Sebaiknya sebelum anda menikmati makanan ini di rumah, hangatkan terlebih dulu.agar rasa nikmatnya tidak hilang.

Bagi anda yang berbagi kebahagian dengan orang lain disekitar anda karena kehadiran buah hati. Dan anda ingin membagikan kebahagian dengan membagikan syukuran yang berupa akikah. Maka anda dapat memesan kambing akikah di warung makan sate kambing yang ada di jalan Blotongan Salatiga. Jenis olahan dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Selain itu layanan yang diberikan juga sangat bagus, karena mereka menyediakan layanan siap antar. Selain itu jika anda ingin menyembelih kambing sendiri agar lebih mantap. Maka hal itu juga dapat anda lakukan.

Nah… itu tadi adalah ulasan makanan khas sepanjang jalan Blotongan Salatiga. Semoga dapat memberikan referensi bagi anda dan keluarga yang ingin menikmati makanan yang lezat. Semoga dapat menjadikan pilihan alternatif lain bagi anda yang sedang bingung mencari kuliner saat melintas jalan Solo- Semarang.

Related Posts:

0 Response to "Makanan Khas Salatiga:Sepanjang Jalan Blotongan Salatiga"

Post a Comment