Menu Sarapan Istimewa Khas Salatiga: Bubur Tumpang Kecer

Menu Sarapan Istimewa Khas Salatiga: Bubur Tumpang Kecer

Makanan Khas Salatiga- Ada beberapa hal yang membuat berbeda antara tempat tinggal yang satu, dengan yang lain. Di setiap daerah pasti memiliki makanan khas dan cita rasa yang berbeda. Makanan khas itulah yang membuat kita selalu kangen dengan suatu tempat. Apalagi jika kita menemukan makanan yang sesuai dengan selera lidah kita. Pastinya kita akan sulit melupakan dan selalu ingin mengunjungi daerah tersebut.

Salatiga merupakan kota kecil, yang memiliki beragam kuliner yang memiliki citarasa sangat nikmat. Salah satu makanan yang dapat membuta kita kangen dengan kota ini adalah makanan yang murah meriah yaitu bubur tumpang pecel. Makanan ini memiliki rasa yang sangat unik dan nikmat sekali. Selain itu juga harga dari bubut tumpang pecel ini sangatlah bersahabat. Dengan uang Rp 2.500,00 kita dapat menikmati bubur tumpang pecel.

Biasanya bubur tumpang pecel ini hanya dijajakan pada pagi hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 08.00. Bahkan jika hari Minggu atau hari libur maka kita haruslah berburu makanan ini lebih awal. Karena biasanya baru pukul 07.00 makanan ini telah habis. Di Sekitar Salatiga tidaklah sulit mencari penjual bubur tumpang pecel ini. Hampir disetiap perempatan ada yang menjajakan. 

Sebenarnya bubur tumpang pecel ini merupakan gabungan dari beberapa olahan makanan. Buburnya sendiri merupakan hasil dari bubur yang terbuat dari beras yang dimasak lunak. Bubur biasanya memiliki rasa yang sangat gurih. Rasa gurih bubur muncul dari santan kelapa yang digunakan. Bubur ini juga cocok untuk dikonsumsi anak - anak. Karena tekstur yang sangat lembut hingga membuat bubur sangat mudah dicerna oleh tubuh. 

Biasanya bubur ini dipadukan dengan olahan masakan lain yaitu sambal tumpang. Sambal tumpang adalah jenis sayur yang terbuat dari tahu. Tahu tersebut diolah dengan tempe jadi yang telah didiamkan selama 3-4 hari hingga menjadi tempe busuk. Rasa  dari tempe yang telah busuk inilah yang membuat nikmat sayur tumpang. Selain dari perpaduan tempe busuk yang membuat olahan makanan ini menjadi nikmat adalah dengan adanya bumbu- bumbu masakan jawa yang komplit.

Nah, perpaduan yang lain dari bubur tumpang kecer yang lain adalah tambahan berbagai sayuran yang telah direbus. Terakhir sayuran ini akan ditambah dengan sambal kacang khas jawa yang nikmat. Perpaduan antara rasa gurih bubur, rasa pedas sayur tumpang dan rasa pedas manis pecel inilah yang biasanya membuat para penikmat makanan ini selalu kangen untuk menikmati kembali.

Biasanya bubur tumpang kecer ini akan diserbu pembeli saat orang- orang telah usai melakukan kegiatan olah raga. Akan terasa nikmat dari makanan ini jika kita menyantapnya usai beraktifitas. Jika di hari- hari biasa, biasanya para pembeli memilih bubur tumpang kecer ini sebagai menu sarapan pagi. 

Dengan harga yang sangat bersahabat, membuat makanan ini banyak sekali penggemarnya. Mulai dari anak- anak hingga orang- orang dewasa. Untuk anak- anak, biasanya bubur ini dinikmati dengan saus yang terbuat dari gula jawa atau gula merah yang dicairkan. 

Makanan- makanan tradisional seperti bubur tumpang kecer inilah yang selalu menjadi daya tarik dari suatu daerah. Dan yang dapat membuat para putra daerah yang dalam rantauan selalu kangen dengan daerah asal mereka. Dan saat anda sedang berada di daerah Salatiga, bubur tumpang kecer ini dapat menjadi salah satu referensi menu sarapan pagi bagi anda sekeluarga.

Related Posts:

0 Response to "Menu Sarapan Istimewa Khas Salatiga: Bubur Tumpang Kecer"

Post a Comment