Kue Wajik Makanan Khas dari Salatiga

Kue Wajik Makanan Khas dari Salatiga

Hallo... sobat makanan Khas Salatiga. Kali ini saya akan membahas tentang, Kue Wajik Makanan Khas dari Salatiga. Yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Bagi anda pecinta makanan manis haruslah mencoba makanan yang satu ini. Karena makanan ini memiliki rasa yang sangat manis. 

Sebenarnya wajik adalah satu kue tradisional. Namun sampai saat ini wajik masih banyak sekali peminatnya. Hal ini terbukti dari banyaknya toko makanan khas atau rumah makan yang menjual wajik. Bahkan di Salatiga kita juga dapat menemukan kue wajik di pasar- pasar tradisional.

Rasa manis dan legit dari kue ini sehingga wajik tidak ditinggalkan oleh pengemarnya. Kue wajik ini sampai saat ini masih dihidangkan di acara- acara tradisional seperti hajatan, bahkan acara- acara besar juga sering menghidangkan kue wajik. Bagi masyarakat Salatiga pastilah tidak asing lagi dengan kue wajik ini.

Rasa manis dari kue wajik muncul dari gula merah. Karena campuran dari bahan dasar ketan adalah gula merah. Sedangkan rasa legit dari kue wajik muncul dari campuran santan kelapa yang cukup banyak. Selain itu biasanya kue wajik juga memiliki aroma yang menggugah selera. Aroma tersebut muncul dari penambahan pandan, yang dapat memunculkan aroma harum penggugah selera. 

Saat ini pembuat kue wajik telah membuat varian kue wajik yang berbeda dengan kue wajik yang dulu. Jika dahulu pembuatan wajik hanya menggunakan gula merah dan tanpa tambahan perasa yang lain. Namun saat ini banyak yang membuat wajik dengan menggunakan gula pasir dan dengan tambahan pewarna atau esen perasa. Hal ini dilakukan agar penampilan kue wajik menjadi semakin menarik.

Sebenarnya pembuatan kue wajik ketan tidaklah sulit. Biasanya pembuatan kue wajik masih menggunakan cara tradisional. Sehingga menambah nikmat rasa kue wajik. Namun yang sangat diperlukan dalam pembuatan kue wajik ini adalah ketlatenan dan kesabaran. Agar diperoleh rasa wajik yang nikmat. 

Walaupun banyak sekali variasi dari kue wajik. Namun kue wajik gula merah yang banyak sekali peminatnya. Untuk itu saya akan memaparkan cara pembuatan kue wajik gula merah. Berikut ini cara pembuatan kue wajik.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue wajik gula merah adalah:
  • beras ketan putih 500 gram
  • kelapa 2 butir (dibuat santan)
  • gula jawa atau gula merah 200 gram
  • gula pasir 2 sendok
  • daun pandan 3 lembar dan ikat
Cara membuat kue wajik gula merah
  • Rendam beras ketan kurang lebih 3 jam dan tiriskan hingga air benar- benar hilang
  • Kukus ketan saat telah tengah matang siram ketan dengan air panas.
  • Angkat ketan dinginkan kemudian dikukus kembali setelah dingin.
  • Panaskan santan dan daun pandan, aduk hingga kental dan keluar minyak.
  • Masukkan gula merah sambil diaduk terus agar tidak hangus.
  • Masukkan ketan  dan masak hingga matang. ketan harus terus diaduk agar tidak gosong. Aduk hingga ketan rekat dan kering.
  • Tuang wajik ketan diatas tamapah atau baskom yang telah dilapisi daun pisang. Ratakan wajik dan iris sesuai selera, kue wajik gula merah siap dihidangkan.
Kue wajik akan menjadi lebih nikmat jika dimakan bersama keluarga sembari minum teh atau kopi bersama.Jika anda ingin membuat kue wajik dengan variasi lain, maka anda dapat menganti gula jawa atau gula merah dengan gula pasir. Karena jika mengunakan gula merah maka warna kue wajik akan menjadi coklat. Namun jika kita menganti gula jawa dengan gula pasir maka, kita dapat membuat kue wajik dengan warna sesuai dengan keinginan kita. 

Semoga dengan adanya resep Kue Wajik Makanan khas dari Salatiga dapat membuat kue wajik tetap dikenal hingga generasi muda. Selain itu juga dapat menjadi salah satu hidangan saat anda memiliki acara keluarga atau hajatan.


Related Posts:

0 Response to "Kue Wajik Makanan Khas dari Salatiga"

Post a Comment