Manfaat, Bahaya dan Cara Mengolah Jengkol Makanan Unik dari Salatiga

Manfaat, Bahaya dan Cara Mengolah Jengkol Makanan Unik dari Salatiga

Shobat makanan khas Salatiga. Buah jengkol adalah buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Jengkol yang memiliki nama asing Archidendron pauciflorum ini memiliki aroma yang khas. Banyak orang yang menggunakan buah ini sebagai lalapan saat makan. Ada juga yang sengaja membuat sayur dengan buah jengkol. Nah untuk anda penggemar jengkol, maka anda perlu mengetahui tentang Manfaat, bahaya dan cara mengolah jengkol makanan unik dari Salatiga.

Jengkol saat ini telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Walau aroma jengkol sangat menyengat namun rasa nikmat yang muncul dari buah jengkol, dapat mengalahkan rasa jijik dari aroma yang muncul. Jengkol jika dimasak dengan benar maka akan memiliki tekstur yang empuk. Namun jika salah dalam mengolah maka jengkol akan memiliki rasa keras. 

Saat ini banyak masyarakan yang membuat kreasi makanan yang berbahan dasar jengkol. Bahkan jengkol ini dibuat menjad keripik jengkol. Dengan aroma yang tajam dapat menjadikan ciri khas dari makanan tersebut. 

Sebenarnya banyak sekali manfaat buah jengkol bagi kesehatan, namun belum banyak orang yang tahu. Mari kita simak tentang manfaat buah jengkol terlebih dahulu. Manfaat buah jengkol yang perlu kita ketahui adalah:

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang sangat banyak pada buah jengkol dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita. Yaitu untuk mencegah anemia. Maka dengan mengkonsumsi jengkol, maka produksi zat besi akan meningkat. 

2. Mencegah tulang keropos

Kadar kalsium jengkol adalah 140mg /100g. Kalsium akan mencegah tulang kita agar tidak keropos. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi orang yang membutuhkan kalsium dalam jumlah yang banyak. Namun dalam mengkonsumsi jengkol haruslah sesui dengan kebutuhan.

3. Sebagai sumber Vitamin

Kandungan vitamin yang ada dalam jengkol adalah vitamin A, B1, B2 dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol adalah 658 mg per 100 gr buah jengkol. Vitamin B1 dan B2 pada buahg jengkol dapat membantu tubuh kita dalam menyerap protein. Sedangkan kandungan vitamin C pada buah jengkol adalah 80mg dari 100 gr buah jengkol.

4. Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang banyak pada buah jengkol dapat membantu proses pencernaan. Karena serat yang banyak dalam jengkol dapat mencegah sembelit, saat kita buang air besar. Namun dalam mengkonsumsi jengkol ini harus sesuai dengan jumlah yang dianjurkan. Selain itu saat kita mengkonsumsi jengkol juga harus diimbangi dengan banyak minum air putih

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat buah jengkol, maka kita juga perlu mengetahui bahaya dari mengkonsumsi buah jengkol. Berikut ini akan saya paparkan bahaya dari mengkonsumsi buah jengkol, yaitu:

1. Menyebabkan Asam Urat

Kandungan asam jegkolat atau jengkolic acid yang memiliki sifat sama dengan uric acid (asam urat). Jika dalam jumlah yang sangat besar akan menyebabkan pengkristalan pada urin. Selain itu asam jengkolat sangatlah sulit dicernak oleh tubuh kita. 

2. Menimbulkan bau yang menyengat

Penyebab bau adalah kandungan dari asam amino yang terkandung dalam biji buah jengkol. Dalam asam amino ini terkandung sulfur yang dapat menimbulkan gas H2S yang terkenal sangat bau.

3. Menimbulkan ganguan ginjal dan prostat

Kandungan asam jengkolat pada jengkol bermacam- macam. Tergantung dari varietas dan umur jengkol. Namun yang jelas, asam jengkolat dapat menyebabkan penyakit. Asam jengkolat dapat menyebabkan urine menjadi asam. Pada urine yang asam maka akan mempercepat proses pengkristalan urine. Kristal tersebut dapat menyumbat jalanya urine. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya ganguan ginjal dan prostat.

Manfaat, Bahaya dan Cara Mengolah Jengkol Makanan Unik dari Salatiga

Setelah kita mengetahui manfaat dan akibat dari mengkonsumsi jengkol. Maka akan saya lanjutkan untuk memaparkan salah satu cara mengolah jengkol menjadi salah satu makanan khas Salatiga yaitu semur jengkol.

Bahan yang diperlukan:

1. Jengkol 500 gram
2. Santan kelapa dari 1 biji kelapa
3. 1 ruas lengkuas
4. 1 batang serai
5. 3 lembar daun salam
6. 100 gram gula jawa
7. 1 liter air

Bumbu yang dihaluskan

1. 4 siung bawang putih
2. 3 siung bawang merah
3. 1 ruas kunyit
4. 1 ruas jahe
5. 1 ruas kencur
6. ketumbar
7. 3 biji miri
8. merica
9. Garam

Cara membuat semur jengkol

1. Rebus jengkol kurang lebih 1,5 jam
2. Kupas kulit jengkol dan belah biji jengkol menjadi dua
3. Geprek jengkol satu per satu agar menjadi lebih lembut
4. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga kekuningan
5. Masukkan lengkuas, daun salam, daun serai dalam bumbu
6. Masukkan air dan setelah mendidih, masukkan jengkol, gula jawa
7. Tunggu hingga air menjadi kering dan masukkan santan
8. Tunggu hingga mendidih dan rasa semur jengkol akan menjadi lebih nikmat jika kuah dari santan telah mengental
9. Semur jengkol siap dihidangkan

Semoga dengan paparan tentang Manfaat, bahaya dan cara mengolah jengkol makanan unik dari Salatiga, dapat menambah pengetahuan anda para pembaca tentang jengkol.










Related Posts:

0 Response to "Manfaat, Bahaya dan Cara Mengolah Jengkol Makanan Unik dari Salatiga"

Post a Comment