Jadah Bakar Khas - Makanan Khas Salatiga

Jadah Bakar - Makanan Khas Salatiga.

Makanan Khas Salatiga- Sahabat makanan Khas Salatiga berbicara tentang kota Salatiga tak henti- hentinya kita membahas makanan khas daerah ini. Kali ini saya akan membahas tentang Jadah Bakar - Makanan Khas Salatiga. Jadah merupakan makanan khas yang dapat kita temui hampir di seluruh pulau Jawa. Misalnya di Magelang, Boyolali, solo dan lain.

Di Jawa makanan jadah ini biasanya sering dijadikan salah satu sajian saat ada hajatan atau pesta berlangsung. Jadah merupakan makanan yang telah ada sejak dahulu, namun hingga kini kehadiranya masih saja ada peminatnya. 

Jika di daerah Magelang jadah disajikan bersama dengan tempe bacem dan di Boyolali disajikan dengan serundeng dan kuah gula jawa. Namun di Salatiga makanan ini banyak sekali yang menyajikan dengan cara dibakar. Sebenarnya jadah khas Salatiga tidaklah jauh beda dengan jadah dari daerah lain. Yaitu makanan yang berasal dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan sedikit garam yang ditumbuk menjadi satu. Yang membedakan adalah pada cara penyajiannya yaitu dengan cara dibakar. 

Jadah bakar yang masuh hangat dapat membuat tubuh kita terasa lebih hangat saat singgah di kota Salatiga. Karena suhu udara di kota Salatiga cukup dingin apalagi di saat malam dan pagi hari. Jadi saat anda sedang jalan- jalan di kota Salatiga, jadah bakar ini dapat menjadi alternatif cemilan yang mengenyangkan dan menghangatkan tubuh. 

Sebenarnya jika kita menikmati secara langsung jadah ini sudah terasa enak dengan rasa gurih dan kenyal. Namun jadah akan lebih nikmat kita santap dengan cara di bakar terlebih dahulu.  Apalagi jika kita menikmati jadah bakar pada saat masih hangat dan dengan secangkir teh hangat bersama keluarga tercinta. 

Kita dapat menemukan jajanan ini di sepanjang jalan kota Salatiga. Jika jaman dahulu penjual jadah bakar ini sangat banyak, namun saat ini hanya tinggal beberapa saja. Para penjual jadah bakar biasanya menyajikan jadah dengan cara tradisional. Yaitu dengan menggunakan angkring. Tempat membakar juga masih tradisional menggunakan arang kayu. Dengan penggunaan arang kayu inilah yang membuat aroma jadah bakar khas Salatiga semakin menggoda.

Jadah Bakar - Makanan Khas Salatiga dapat kita jadikan sebagai salah satu pilihan oleh- oleh khas Salatiga saat anda singgah di kota ini. Karena harga jadah bakar di Salatiga sangatlah  bersahabat yaitu Rp 1000, 00 per potong. 







Related Posts:

0 Response to "Jadah Bakar Khas - Makanan Khas Salatiga"

Post a Comment