CARA MUDAH MEMBUAT TEMPE PENYET KHAS SALATIGA

CARA MEMBUAT TEMPE PENYET KHAS SALATIGA

Tempe merupakan makanan yang tidaklah sulit kita dapatkan. Hampir di setiap toko sayur banyak menjual tahu dan tempa. Selain itu harga dari tahu dan tempe juga sangatlah bersahabat atau murah. Di kota Salatiga kita dapat dengan mudah menemukan jenis makanan ini. Bahkan di Salatiga juga terdapat banyak sekali pengrajin atau pembuat tempe. Hingga masyarakat di sekitar Salatiga tidaklah asing lagi dengan tempe.

Tahu dan tempe merupakan makanan yang banyak sekali mengandung protein. Karena bahan dasar dari tempe adalah kedelai. Untuk mengolah tempe menjadi sebuah masakan pun tidaklah sulit. Tempe dapat dibuat menjadi tempe atau tahu goring, bacem, mendoan, tempe atau tahu orek dan saat ini banyak yang memanfaatkan tempe menjadi masakan yang lebih modern yaitu nugget.  

Bagi para ibu rumah tangga pastilah tidak asing dengan tempe dan pasti telah sering mengolah tempe menjadi lauk. Namun kali ini saya akan membahas cara membuat tempe penyet khas Salatiga. Mungkin bagi anda tidak asing dengan nama penyetan. Bahkan kita seringkali membeli makanan penyetan di sebuah restoran. Namun tidak sedikit yang belum megetahui cara membuatnya. Berikut ini akan saya paparkan cara membuat tempe penyet khas Salatiga. 

Bahan yang diperlukan

Bahan tempe goreng

1. Satu datang tempe
2. 3 siung bawang putih
3. 1 sendok teh garam
4. ½ liter air
5.Minyak goreng

Bahan sambal

1. 5 buah cabe rawit / sesuai selera
2. 3 siung bawang putih
3. 2 buah tomat sedang
4. ½ sendok teh terasi
5. Jeruk purut/ jeruk sambal
6. Gula jawa sesuai selera
7. 2 buah kemiri
8. ½ sendok the garam

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu tempe dan tuang air dalam bumbu.
2. Potog- potong tempe sesuai selera
3. Rendam potongan temp eke dalam bumbu selama 15 menit
4. Goreng tempe dalam minyak panas hingga kekuningan angkat dan tiriskan
5. Goreng semua bahan samabal hingga matang kecuali garam, jeruk sambal, dan gula merah
6. Haluskan semua bahan sambal
7. Tempe penyet dan sambal sia untuk dihidangkan

Dengan bertambahnya pengetahuan para pecinta kuliner khas tentang cara membuat tempe penyet khas Salatiga, semoga dapat menjadi salah satu fariasi menu untuk keluarga tercinta. Tempe dapat kita ganti dengan tahu, ayam goreng atau bebek goreng. Menu penyetan ini akan seamkin nikmat jika kita nikmati nersama nasi hangat dan dengan tambahan lalapan.

Related Posts:

0 Response to "CARA MUDAH MEMBUAT TEMPE PENYET KHAS SALATIGA"

Post a Comment