Makanan Khas Salatiga Ampyang ! ampyang! ampyang! Mak nyuuus!

http://www.makanankhassalatiga.com/
Salatiga adalah kota kecil yang dilalui jalur Solo - Semarang. Kota Salatiga hanya terdiri dari empat kecamatan. Kota ini terletak dilereng Gunung Merbabu tepanya antara kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang. Salatiga dahulunya adalah sebuah kota kecil yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Semarang. Karena perkembanganya yang pesat maka Kota Salatiga menjadi kota yang Administrasinya kemudian terpisah dari Kabupaten Semarang.

Dengan menjadi Kota Madya maka perkembangan secara Ekonomi, geografisnya lebih cepat berkembang.

Di kota inilah kita dapat menemukan berbagai makanan khas. Misalnya Ampyang, nting-nting gepuk, wedang ronde , kripik paru, dan berbagai masakan seperti soto, bakso, nasi goreng dan masih banyak lagi makanan yang dijajakan di kota Salatiga. Makanan khas yang akan kita bahas kali ini adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah dan gula jawa. Makanan ini terkenal dengan nama ampyang atau gula kacang. Makanan ringan ini sangat cocok sebagai teman saat minum teh. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga.

 Saat anda sedang berada di kota Salatiga tidaklah sulit mencari makanan ini. Kita dapat menemukan  makanan ini hampir di sudut-sudut kota lebih mudahnya di toko oleh-oleh atau di pasar- pasar tradisional Salatiga. Bahkan kita dapat melihat langsung cara pembuatan gula kacang. Karena ada beberapa pedagang yang menjual gula kacang atau ampyang yang dibuat langsung di tempat mereka menjajakan gula kacang. Bahkan saat anda di rumah dapat membuat makanan ini sendiri. Karena cara pembuatannya yang cukup mudah yaitu:

Resep Ampyang

Bahan- bahan:

  1. Kacang tanah sangrai 250 g.
  2. Gula merah lelehkan 250 g
  3. Air perasan jahe 5 cm
  4. Air matang 50 ml
Cara membuat ampyang
  1. Siapkan nampan yang telah diberi alas
  2. Masukkan gula jawa, air dan air perasan jahe ke dalam wajan dan panaskan hingga gula meleleh.
  3. Masukkan kacang sangrai sambil diaduk sampai rata
  4. Ambil adonan dengan sendok san cetak bulat- bulat di atas nampan yang telah disediakan
  5. Dinginkan ampyang yang telah dicetak dan dinginkan hingga keras dan mengering
  6. Simpan ampyang dalam toples agar tahan lama dan kacang tetap renyah
  7. Ampyang siap disajikan
Selamat mencoba kreasi ampyang kacang buatan anda sendiri. Jangan lupa dinikmati bersama keluarga, agar keluarga anda semakin harmonis dan lengket seperti amyang atau gula kacang.

Related Posts:

1 Response to "Makanan Khas Salatiga Ampyang ! ampyang! ampyang! Mak nyuuus!"

  1. Ampyang memang enak, terimakasih resepnya ya :)

    http://rumahperumahan.com

    ReplyDelete