KARAK GENDAR KERUPUK KHAS DARI SALATIGA

KARAK GENDAR KERUPUK KHAS DARI SALATIGA

Karak gendar kerupuk khas dari Salatiga. Hai... para penikmat makanan khas dan pecinta makanan unik. Kali ini saya akan membahas tentang karak gendar kerupuk khas dari Salatiga. Kerupuk adalah makanan yang tidak asing lagi bagi kita. Kerupuk seringkali kita nikmati sebagai teman saat kita sedang makan. 

Kerupuk merupakan makanan ringan yang tidak mengenyangkan perut kita. Saat kita makan kerupuk pasti akan merasakan seperti ketagihan dan enggan untuk berhenti. Rasa gurih yang muncul dari kerupuk yang membuat kita tidak mau berhenti menikmati. Jika dinikmati bersama makanan yang lain maka kerupuk ini dapat menambah nikmat makanan tersebut.

Biasanya kerupuk yang kita nikmati berbahan dasar tepung terigu, namun berbeda dengan kerupuk gendar. Kerupuk gendar berbahan dasar dari nasi. Biasanya para ibu- ibu rumah tangga memanfaatkan nasi sisa untuk dijadikan bahan dasar kerupuk gendar. Mereka memanfaatkan nasi sisa menjadi bahan pangan yang nikmat. 

KARAK GENDAR KERUPUK KHAS DARI SALATIGA


Karak gendar ini ada yang berbentuk kotak dan ada pula yang berbentuk bulat tipis. Selain itu yang membedakan bentuk karak gendar dengan kerupuk yang lain adalah biasanya karak gendar memili bentuk yang lebih lebar jika dibanding kerupuk yang lain. Selain itu karak gendar memiliki bentuk yang padat. 

Kerupuk karak gendar ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan jenis kerupuk yang lain. Di daerah Salatiga biasanya kerupuk ini dinikmati bersama dengan sotodan tahu campur. Hampir di setiap warung makan yang menjajakan soto dan tahu campur pasti ada kerupuk gendar. Selain itu kita juga dapat menemukan kerupuk gendar disetiap warung makan yang ada di Salatiga. 

Menikmati soto dan tahu campur atau makanan yang lain akan menjadi lebih nikmat jika diatasnya kita taburi kerupuk gendar. Cara penyajian karak gendar biasanya dengan cara diremas terlebih dulu. Hingga menjadi bentuk yang kecil- kecil. 

Selain dijajakan di rumah- rumah makan dalam bentuk matang, kita juga dapat membeli kerupuk karak gendar ini dalam bentuk yang masih mentah. Kerupuk karak gendar juga cocok jika dijadikan oleh- oleh khas dari Salatiga. Kerupuk gendar yang masih mentah dapat kita nikmati bersama keluarga dengan cara mengorengya terlebih dahulu. 

Hampir di setiap toko oleh- oleh khas Salatiga, menyediakan kerupuk gendar. Sebagai salah satu oleh- oleh khas Salatiga. Karena karak gendar selain dibuat oleh para ibu- ibu rumah tangga, juga sudah banyak diproduksi oleh industri- industri kecil yang ada di kota Salatiga. 

Kerupuk gendar ini sehat jika kita konsumsi sebagi makanan tambahan. Karena bahan dasar karak gendar tidak mengandung bahan kimia. Dahulu untuk membuat karak gendar biasanya ditambah dengn bleng atau borak sebagai bahan pengenyal. Namun saat ini pembuatan karak gendar tidak mengunakan bleng atau borak lagi.

Dengan munculnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, maka penggunaan borak mulai ditinggalkan. Bleng atau borak diganti dengan tepung kanji. Tepung kanji dapat digunakan sebagai bahan pengenyal karak gendar.

Jika anda tidak sempat berkunjung ke kota Salatiga untuk menikmati karak gendar, maka anda dapat membuat sendiri di rumah. Karena pembuatn karak gendar ini sangat mudah. Dan jika kita membuat sendiri maka makanan yang dihasilkan juga akan lebih sehat. Karena kita dapat terhindar dari bahaya borak.  Berikut ini akan saya paparkan langkah- langkah pembuatan karak gendar.

Bahan- bahan:

1. Nasi 1 mangkok
2. Pati kanji 3 sendok makan
3. Bawang putih 3 siung
4. Ketumbar satu jumput
5. Kemiri 2 biji
6. Garam secukupnya
7. Air secukupnya

Cara pembuatan karak gendar:

1. Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam.
2. Campurkan bumbu halus, nasi, pati kanji dan campurkan sedikit air .
3. Kukus bahan karak gendar kurang lebih 15 menit.
4. Jika sudah 15 menit, angkat dan selagi panas haluskan bahan karak gendar.
5. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari karak gendar, maka diamkan selama satu malam.
6. Iris tipis- tipis bahan karak gendar.
7. Keringkan hasil irisan dalam paparan sinar matahari langsung hingga benar- benar kering.
8. Goreng karak gendar dalam minyak goreng panas
9. Karak gendar siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Semoga ulasan tentang Karak gendar kerupuk khas dari Salatiga dapat menambah daftar menu makanan anda dan keluarga. Dan dapat menjadi salah satu referensi jenis makanan yang dapat anda nikmati.

Related Posts:

0 Response to "KARAK GENDAR KERUPUK KHAS DARI SALATIGA"

Post a Comment