KLEPON KUE BASAH KHAS SALATIGA

KLEPON KUE BASAH KHAS  SALATIGA

Hallo... para pecinta makanan khas Salatiga! Berbicara dengan kota Salatiga pasti yang tersirat di benak kita adalah kota kecil yang memiliki hawa sejuk dan masyarakat yang sangat ramah. Saat kita berkunjung di Salatiga yang tidak kalah menarik adalah kulinernya. Karena di Salatiga terdapat beragam makanan khas atau kuliner yang dapat memanjakan lidah para penikmatnya. Salah satu makanan khas Salatiga adalah Klepon Kue Basah Khas Salatiga.

Klepon merupakan salah satu makanan tradisional. Masyarakat di daerah lain mengenal kue klepon dengan nama onde- onde.  Saat ini bermunculan berbagai macam hasil kreasi kue. Walupun klepon merupakan kue tradisional namun keberadaanya tidak dapat tergantikan dengan kue- kue yang lain.

Kue klepon terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya terdapat gula jawa. Dalam pembuatan kue klepon biasanya dibuat dengan bentuk bulatan kecil- kecil. Cara penyajiannya dengan cara ditaburi parutan kelapa. Jika kita menikmati kue klepon pasti kita tidak akan melupakan rasanya. Karena kue klepon ini dapat mengoyang lidah para penikmatnya. 

Namun saat ini banyak sekali kreasi dari pembuatan klepon. Banyak yang mengantikan bahan baku tepung ketan dengan ubi jalar, ketela pohon, ketan hitam dan ada yang mengganti dengan kentang. Untuk isiannya juga ada yang mengkreasi dengan isian kacang hijau dan taburanya diganti dengan wijen. 

Memang untuk menemukan kue klepon di kota Salatiga tidaklah sulit. Bahkan kue klepon ini juga sering hadir menjadi salah satu makanan pilihan di acara pesta perkawinan. Saat terdapat hajatan biasanya kue klepon menjadi salah satu sajian yang disediakan. Karena di setiap acara hajatan kue ini banyak sekali peminatnya.

Kita juga dapat menemukan kue ini dengan mudah di pasar- pasar tradisional. Selain itu untuk menikmati kue ini kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Karena hanya dengan Rp 5.000,00 kita sudah dapat menikmati rasa kue klepon. 

Namun akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi ibu- ibu rumah tangga jika dapat menyajikan sendiri kue klepon ini di rumah. Nah bagi anda yang ingin membuat klepon di rumah, kali ini www.makanankhasSalatiga.com akan memaparkan cara pembuatan kue klepon.

Bahan- bahan yang perlu kita siapkan untuk pembuatan kue klepon adalah:

  • Tepung beras ketan 250 gram
  • Air secukupnya
  • 1/4 sendok teh air kapur sirih
  • Pewarna makanan pasta pandan
  • Daun pandan
  • 200 gam Gula merah
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 butir kelapa parut
Cara pembuatan kue klepon

Pertama kita siapkan baskom sebagai wadah dan sebelum kita membuat adonan kue klepon ayak terlebih dulu tepung ketan agar menjadi lebih halus. 

Setelah selesai diayak maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung dengan air kapur sirih garam, pewarna pasta pandan. Aduk dengan tangan dan masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk.

Setelah adonan dapat dibentuk maka langkah selanjutnya adalah bentuk adonan menjadi bulatan- bulatan kecil. Jangan lupa mengisi dalam bulatan itu dengan gula merah yang telah diiris kecil- kecil terlebih dahulu. 

Setelah selesai membuat bulatan maka langkah selanjutnya adalah memasak klepon. cara memasaknya adalah didihkan 1,5 liter air diatas kompor. setelah mendidih, masukan klepon satu persatu. Jika klepon telah mengapung, maka tandanya klepon tersebut telah matang.

Angkat klepon yang telah mengapung dan gulingkan di atas parutan kelapa. Maka kue klepon siap dinikmati bersama keluarga.

Jika anda menginginkan kue klepon tidak lekas basi maka anda dapat mengukus terlebih dulu parutan kelapa.

Semoga paparan tentang cara pembuatan Klepon Kue Basah Khas Salatiga dapat menjadikan salah satu referensi makanan sehat untuk keluarga anda.




Related Posts:

0 Response to "KLEPON KUE BASAH KHAS SALATIGA"

Post a Comment