Kerupuk Godril Cemilan Khas Salatiga Rasa Premium Harga Merakyat



Makanan khas Salatiga- kali ini saya akan mengupas tentang krupuk godril cemilan khas Salatiga rasa premium harga merakyat. Godril adalah makanan ringan sejenis kerupuk yang memiliki rasa renyah dan gurih. Bahan baku godril adalah singkong parut.

Untuk anda yang tinggal di daerah Salatiga pastilah tidak asing dengan nama godril. Namun untuk anda yang tinggal di kota besar pasti jarang bahkan tidak pernah mendengar nama makanan ini.
Jika kita mendengar nama godril, pasti yang muncul dalam benak kita , namanya makanan kok aneh. Selain itu namanya juga terkesan kampungan. Namun jangan salah dan memandang remeh makanan ini. Karena jika kita telah mencoba, pasti akan menjadi ketgihan.

Rasa renyah dan gurih akan membuat lidah kita sulit berhenti jika telah memakannya. Apalagi jika makan godril sambil melihat televise atau duduk santai bersama teman atau keluarga. Pasti akan menambah nikmat dan tidak terasa kalau makanan kita dalam stoples telah habis.

Untuk anda yang memiliki hobi ngemil jangan khawatir saat memakanan godril. Karena bahan baku godril sangatlah sehat. Bahan baku yang berasal dari singkong dan bumbu- bumbu dapur. Selain itu daam pembuatan godril tidaklah memerlukan tambahan bahan baku kimia.

Singkong yang memili kandungan protein tinggi, sangatlah baik jika kita konsumsi. Untuk anda yang sedang berdiet, janganlah kwawatir saat mengkonsumsi godril.karena godril ini adalah makanan ringan yang tidak akan membuat kita kekenyangan.

Murahnya harga singkong dari para petani, membuat harga godril menjadi murah. Hanya dengan Rp 3.000,00 kita dapat membeli godril satu bungkus. Dan jika kita goring satu bungkus godril tersebut dapat mengembang menjadi satu stoples besar.

Satu bungkus kecil godril mentah dapat menjadi teman saat kita bersantai. Harga yang murah bukan? Namun jika dibandingkan rasanya maka harga Rp 3000,00 sangatlah murah. Kita dapat menemukan atau membeli godril ini di warung- warung penjual bahan sembako di sekitar kota Salatiga.

Anda dapat membeli godri sebagai oleh- oleh saat anda singgah di kota Salatiga. Dan biasanya goril ini dijual dalam keadaan masih mentah atau belum digoreng. Jadi jika anda ingin menikmati godril anda harus menggoreng terlebih dulu.

Selain rasa gurih godril juga tersedia dalam rasa pedas. Namun rasa pedasnyapun tidaklah terlalu pedas. Jadi anda tidak perlu khawatir jika memiliki anak yang masih kecil dan ingin ikut menikmatinya.

Dalam pembuatan godril memerlukan ketlatenan dan keuletang. Karena proses pebuatan godril memerlukan waktu dan proses yang lama. Pertama kali kita harus mengupas ketela pohon. Setelah selesai dikupas dan dibersihkan, maka kita harus memarut ketela. Proses pemarutan inilah yang memerlukan banyak tenaga.

Setelah selesai memarut, maka proses selanjutnyaa adalah memberikan bumbu- bumbu yang telah dihaluskan. Bumbu tersebut adalah ketumbar, bawang merah, bawang putih dan kencur.jika kita mengiginkan rasa pedas maka kita dapat menambahkan cabai.

Setelah semua bahan tercampur, maka langkah selanjutnya adalah membungkus adonan dalam daun pisang. Dan setelah itu kukus adonan godrilkitra- kira 30 menit. Setelah matang tunggu hingga dingin dan diamkan selama satu malam. Agar hasil pembuatan godril lebih maksimal.

Keesokan harinya kita keproses yang memerlukan ketlatenan. Yaitu mengiris tipis- tipis godril yang telah dimasak. Setelah selesai tata dalam tempat pengering. Jemur godril di bawah sinar matahari. Saat musim panas kita memerlukan waktu kira- kira tiga hari hingga kering. Namun saat cuaca agak mendung proses penjemuran memerlukan waktu yang lebih lama.

Setelah godril kering, maka godril siap untuk digoreng. Dan krupuk godril cemilan khas Salatiga rasa premium harga merakyat  siap untuk dikonsumsi oleh anda sekeluarga.

Related Posts:

0 Response to "Kerupuk Godril Cemilan Khas Salatiga Rasa Premium Harga Merakyat"

Post a Comment